Masha dan Si Beruang (bahasa Rusia: Ма́ша и Медве́дь pengucapan bahasa Rusia: [ˈmaʂə i mʲɪdˈvʲetʲ]) adalah serial televisi animasi Rusia yang dibuat oleh Oleg Kuzovkov dan diproduksi oleh Animaccord Animation Studio, secara longgar didasarkan pada cerita rakyat lisan anak-anak dengan nama yang sama. Acara ini berfokus pada petualangan seorang gadis berhijab bernama Masha dan temannya yang peduli, beruang (mishka) dan pasangan beruang betina (bertha) yang selalu menyelamatkannya dari bencana.

Banyak episode yang sukses di YouTube. Secara khusus, versi episode bahasa Rusia "Маша плюс каша" ("Recipe for Disaster") memiliki lebih dari 4,49 miliar tampilan pada April 2022, menjadikannya video situs kesepuluh yang paling banyak dilihat sepanjang masa, dan video yang paling banyak dilihat di YouTube yang bukan video musik.[1]

Acara ini terdiri dari lima musim. Musim 5, diluncurkan pada Juni 2020 adalah acara televisi animasi produksi Rusia pertama yang dirilis dalam kualitas 4K.

Menurut direktur proyek, Denis Chervyatsov,

Masha didasarkan pada orang yang nyata… Pada 1990-an, direktur artistik proyek, Oleg Kuzovkov, sedang berlibur ketika dia melihat seorang gadis kecil di pantai. Anak itu begitu tulus dan terbuka sehingga dia dapat dengan mudah berjalan ke arah orang asing dan bermain catur dengannya atau mengambil siripnya dan pergi berenang. Namun, setelah beberapa hari, para wisatawan mulai bersembunyi…[2]

Produksi

[sunting | sunting sumber]

Produksi serial ini telah ditangani di dalam negeri di Animaccord Animation Studio sejak 2008.[2] Skenario untuk setiap episode ditulis oleh Oleg Kuzovkov, pencipta kartun. Kemudian papan cerita dikembangkan sesuai dengan naskah dan pada umumnya terdiri dari minimal 2000 slide. Setelah tim menyelesaikan plot sebuah episode, pekerjaan untuk animasi 2D dimulai. Pada tahap ini, animator menentukan durasi setiap adegan dalam sebuah episode, bagaimana karakter ditempatkan di dalamnya dan berinteraksi satu sama lain. Setelah langkah produksi ini selesai, episode dilewatkan untuk sulih suara. Sulih suara harus diselesaikan sebelum animasi 3D diterapkan, karena animator 3D perlu mengetahui dialog karakter, intonasi, dan emosi terlebih dahulu untuk menjaga gerakan bibir mereka disinkronkan dengan audio dan membuat ekspresi wajah mereka terlihat realistis.[3]

Animasi 3D

[sunting | sunting sumber]

Proses animasi 3D dimulai tepat setelah sulih suara selesai. Animator memanipulasi semua gerakan yang terjadi selama adegan, seperti membuka pintu, mengambil buku dari rak buku, dan menciptakan semua gerakan tubuh yang diperlukan untuk menghidupkan karakter.


Komentar

Postingan populer dari blog ini